RSS

Menuai hasil

23 Apr

Ada peribahasa arab atau lebih dikenal dengan sebutan ‘makhfudhot’ yang bunyinya sebagai berikut:
” man yazra’ yahsud”
mungkin ungkapan tersebut terasa sangat simple sekali ya, kalau diukur dengan penggaris mungkin hanya sekitar 3 cm lah. namun dari kata-kata yang simple ini kalu kita bisa mencermati dan memaknainya secara mendalam akan ditemukan banyak sekali hal-hal yang sangat penting untuk diterapkan dalam berbagai segi kehidupan kita.

Tentunya kita pernah melihat seorang petani di sawah melakukan pekerjaannya menanam padi. Para petani melakukan proses penanaman yang tidak dalam sekejap lalu langsung berubah menjadi butiran-butiran padi yang siap digiling menjadi beras. Kita juga pernah melihat bagaimana seorang yang menanam buah-buahan pun tidak akan memetik buah-buahan tersebut dalam sekejap.

Sebagaimana halnya dengan permisalan di atas, kehidupan pun tak jauh beda memerlukan proses yang cukup panjang. banyak hal yang harus kita lalui dalam menjalani proses kehidupan di dunia yang fana ini. Semua yang terjadi di dalam kehidupan kita tentunya tak akan jauh dari apa-apa yang telah kita tanamkan sebelumnya.

Kita akan memetik apa yang telah kita tanam. Seperti halnya petani yang menanam padi akan memetik hasilnya berupa beras dan begitu jua dengan penanam buah-buahan akan memetik buahnya dikemudian hari.

“Man yazra’ yahsud” memberikan arti bagi kita bahwa “Barang siapa menanam pasti dia akan memetiknya”. Kalau kita mencoba instropeksi diri, apa yang telah kita tanamkan selama ini sesuai dengan waktu yang telah diberikan Tuhan kepada kita? kebaikankah atau malah keburukan? Seseorang yang menanamkan kebaikan dalam perilakunya sehari-hari sudah barang tentu dia akan memetik hasilnya berupa kebaikan pula. dan begitu juga sebaliknya, barang siapa menorehkan keburukan, tentunya keburukanpulalah yang bakal dia petik.

Regard from Berlin
00.53 11122009

 
Leave a comment

Posted by on 23 April 2010 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: