RSS

Kesatuan Dengan Alam

25 Jul


Duduk dipinggir muara sungai atau dibebatuan pantai memasang kail dan umpan dibawah terik matahari merupakan kegiatan wajib bagiku setiap kali pulang ke Weleri. Rasanya kurang begitu afdhol ketika pulang ke rumah tidak melaksanakan hajatan ini. Memancing, hoby yang tidak semua orang menyukainya, begitu juga diriku dahulunya, sama sekali tidak berminat. Tapi ketika melihat ayah dan saudara-saudara nyekik ikan sepertinya itu merupakan hoby yang sangat menarik untuk dicoba.

Sebagian orang mengatakan hoby memancing juga melatih kesabaran, ya mungkin ada betulnya juga, tapi itu untuk orang yang tidak hoby dengan kegiatan ini. Namun untuk yang hoby, mancing ya mancing, mau dapat atau nggak itu bukanlah suatu masalah, yang penting duduk dipinggir sungai dan menikmati alam yang terkadang kita lupakan. Kegiatan yang melibatkan alam merupakan aktifitas yang sangat mengasikkan bagiku, dan itu sendiri melatih kemandirian jika dapat diterapkan sejak kecil.

Saat ini mungkin banyak orang-orang tua yang mengikutsertakan anak-anaknya untuk mengikuti kegiatan outbound yang menyedot banyak uang hanya untuk sebuah permainan yang menurutku sangat sederhana. Permainan yang sebenarnya tidak perlu mengeluarkan hasil keringat dalam sebulan, akan tetapi karena kondisi lingkungan yang terkadang sudah berubah, maka tentu tidak ada salahnya memberikan putra-putri kita pengalaman untuk berkenalan dengan alam meski tidak senatural yang semestinya karena dikelola oleh suatu agen. Dengan itu semua, para orang tua tentunya berharap bahwa mental anak-anaknya akan berubah sejalan dengan makna yang terkandung dalam setiap permainan outbound.

Bagi sebagian anak-anak yang hidup dan besar di desa, seperti saya, segala hal yang berhubungan dengan alam tidaklah asing. Berangkat bermain dengan badan bersih dan pulang sudah tidak berbentuk adalah hal biasa bagiku, ya paling-paling disuruh ngerendem sendiri pakaian kotornya bisa gak ngotorin pakaian lainnya saat akan di cuci. Badan hitam kelam menyisakan warna putih dibalik kulit yang tertutup kaos singlet. Tapi itu dulu.

Tapi sekarang, meski sudah begini, rasanya hidup ini tidak bisa dipisahkan dari kegiatan bergulat dengan alam. untuk mengakomodir keinginan itu mungkin saat ini hanya memancing dan terkadang mendaki gunung menjadi hoby yang selalu ingin kujalani. Sebenarnya ada hal baru yang saat ini ingin aku coba perdalam yaitu diving. Menyelam seperti sangat mengasikkan, menikmati indahnya dunia di kedalaman laut, sisi yang tidak semua orang bisa menjamahnya. Sayangnya belum ada waktu yang pas untuk mengapresiasikan keinginan tersebut meski secara finansial sudah bisa kalau hanya untuk membayar biaya pelatihannya.

Rencana adalah rencana, dan tentunya semua orang ingin semua rencananya dapapt berjalan dengan baik. Bagitu juga diriku, dan semoga keinginan tersebut akan dapapt terwujud meski tidak dalam waktu dekat ini tentunya.

Salam,
Berlin 14.11 25.07.2010

 
Leave a comment

Posted by on 25 July 2010 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: