RSS

Percaturan Kehidupan

27 Jul

Tak lama setelah menyelesaikan liburan dari Indonesia dan kembali beraktifitas di KBRI Berlin, ada aktifitas baru bagi sebagian rekan kerja yang sudah lama tidak aku temukan dalam suasana lingkunganku. Catur, sebuah permainan yang cukup sulit untuk kujalani, tapi ternyata tidak bagi sebagian yang lain.

Meski sewaktu kecil aku pernah menjadi juara 1 lomba catur antar RT dalam rangka HUT RI waktu itu, namun beranjak dewasa dan tua ini rasa-rasanya cukup berat untuk menyentuh kembali bidak-bidak dalam kotak hitam dan putih itu. Berat rasanya untuk duduk berhadapan dengan seseorang untuk dalam waktu yang cukup lama, karena sudah dapat dipastikan bahwa kalau aku bermain catur tidaklah cukup waktu 30 menit untuk menyelesaikan hingga skak mat.

Menurutku kemunculan permainan ini seiring dengan dilombakannya Catur dalam HUT RI kali ini membawa angin sejuk bagi si Komar dan Pak Awang serta beberapa rekan driver yang biasa standby di Keller. Untuk membunuh waktu yang ada, sungguhlah Catur menjadi ajang penyaluran bakat yang tidak membosankan. Permainan catur bukanlah permainan eksakta yang pergerakannya dapat ditebak, tapi lebih rumit dari itu semua.

Setiap bidak memiliki peran masing-masing. Namunlah Raja lah yang paling utama, karena tanpa seorang Raja -pemimpin- tentulah bidak-bidak yang lain sudah tidak dapat dimainkan dalam lembaran hitam dan putih itu. Dalam catur, adalah kejelian untuk melihat suatu visi ke depan, memikirkan 2-3 langkah ke depan. Berusaha membaca pergerakan lawan 2-3 langkah ke depan. Berusaha membaca pergerakan lawan artinya kita diminta untuk dapat melihat bidak itu dalam posisi lawan yang sedang bermain. Kalau dicermati dengan baik, secara filosofis Catur merupakan permainan yang penuh makna untuk menuntun kita dalam menetukan arah kehidupan ini. Jadi ingin seperti apakah karakter kita dalam permainan catur?

Salam,
Berlin 12.20 27.07.2010


 
Leave a comment

Posted by on 27 July 2010 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: