RSS

Memilih Cakrawala Dunia

31 Jul
Pernahkah kita membayangkan diri kita akan menjadi penulis hebat? rasa-rasanya sangat sulit untuk mewujudkan hal tersebut. Bahkan untuk menulis beberapa paragraf saja menurutku membutuhkan energi yang banyak. Itu menurutku, ntahlah dengan para penulis-penulis hebat yang ada di tanah air ini.

Ketika liburan beberapa waktu lalu kusempatkan untuk sedikit melihat-lihat buku di toko buku, baik Gramedia, Gunung Agung maupun Toga Mas. Ketika aku menginjakkan kaki dipintu masuk, rasa-rasanya kita seperti memasuki taman bermain yang dipenuhi dengan berbagai macam hiburan, ya hiburan yang berbentuk tulisan. Tidak cukup satu jam untuk hanya sekedar melihat-lihat berbagai macam judul buku yang bertebaran di atas lantai maupun rak-rak buku.

Ternyata perkembangan dunia tulis menulis dan dunia percetakan berkembang seiring sejalan. Dan itu semua juga berkat munculnya bakat-bakat menulis dari generasi bangsa ini, baik yang muda ataupun beranjak tua. Mereka semua engan mudahnya menelurkan ide-ide yang terkadang kita tidak pernah terbesit untuk memikirkannya, yang kemudian membuka cakrawala keilmuan kita tentang suatu hal yang baru bagi diri kita.

Namun bagaimanapun mudahnya kita menemukan sebuah buku dengan judulnya yang khas, tentu sebaiknya tidak dengan serta merta kita terpukau dan langsung ngembat buku-buku tersebut tanpa mengetahui dengan baik siapa penulis, penerbitnya dan sedikit review tentang isi buku tersebut di sisi belakangnya. Alih-alih kita akan mendapatkan ilmu, nanti malah kesalahan pemahaman tentang suatu hal yang akan kita dapaptkan jika kita tidak jeli untuk memilah milih terlebih dahulu.

Mungkin sebelum masuk toko buku bolehlah kita menentukan dulu kebutuhan akan buku yang kita inginkan, termasuk diriku yang awalnya hanya membutuhkan buku-buku latihan bahasa jerman untuk pemula. Namun itu keinginan sebelum kaki memasuki pintu toko, setelah itu ya terserah anda mau ambil buku yang mana asal inget aja budjet di kantong ya😀

Meski banyak pilihan, namun untuk menetukan arah tangan dalam mengambil buku yang cocok tentu tidaklah mudah. Pertama mata kuarahkan ke deratan buku-buku yang ada, kemudian otak bereaksi untuk meminta tangan untuk mengambil buku yang menurut mata ini menarik untuk untuk dilihat, dan selanjutnya membaca sedikit reviewnya. Dan untuk melakukan itu semua diseluruh penjuru toko tentunya bisa dihitung sendiri berapa waktu yang diperlukan, tentu waktu satu jam belumlah cukup. So, sediakan waktu yang cukup untuk mendapatkan buku-buku yang menarik dan bermanfaat.

Salam,
Berlin 09.23 31.07.2010

 
Leave a comment

Posted by on 31 July 2010 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: