RSS

Bagian 1: Menulis itu ‘men’-Sehat-‘kan’

03 Aug

Menulis menurut sebagian orang menjadi suatu terapi tersendiri. Terapi untuk meringankan beban yang ada di otak dan hatinya, melonggarkan syaraf-syaraf yang terlalu kencang. Dengan tersalurkannya buah-buah pemikiran ataupun ide-ide seseorang dalam tulisan menjadi suatu kebanggaan tersendiri untuk menuntun para pembacanya mengikuti alur pemikiran yang dituangkannya.

Dengan menulis itu sama saja kita tengah berekspresi : berbagi rasa, isian waktu luang, cari teman, just to say hello friend, menyebarkan kesenangan, curhat, menata pikiran, menginspirasi aksi diri dan orang-orang, menolong dengan ‘how to’, atau mungkin hanya sebuah pelarian dengan menunjukkan keegoisan, narsistik, dan kesombongan diri.

Menulis dalam prosesnya akan menggunakan kedua belahan otak. Menulis adalah sebuah proses  mengkaitkan-kaitkan antara kata, kalimat,  paragraf maupun  antara bab secara logis agar dapat dipahami. Proses ini mendorong seorang penulis  harus berpikir secara sistematis dan logis sekaligus kreatif.

Dengan menulis maka neuron-neuron dalam otak manusia menjadi terbiasa digunakan dan membentuk jalur-jalur baru yang tertata  Jalur-jalur neuron yang tertata rapi akan memudahkan akses sehingga memudahkan sebuah informasi di temukan. Inilah yang menyebabkan proses menulis mampu mendorong meningkatkan daya ingat manusia.

Menrut penelitian dalam Journal of the American Medical Association, edisi 14 April 1999, menulis juga bisa menyalurkan emosi secara bebas dan juga mengalirkan luka masa lalu secara ekspresif dalam bentuk tertulis dapat membantu seseorang untuk membangun jalan untuk berdamai dengan masa lalunya. Menulislah secara sangat bebas tanpa memperdulikan struktur kalimat dan tata bahasa. Niscaya Anda akan terbebaskan dari segala deraan batin.

Oleh sebab, mari kita belajar banyak dari kegiatan kita dalam menulis. Selain yang jelas bisa bermanfaat untuk diri sendiri, siapa tahu orang lain juga bisa merasakan manfaatnya.

 
Leave a comment

Posted by on 3 August 2010 in Uncategorized

 

Tags: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: