RSS

Pubertas

08 Aug

Menjaga amanah tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Dibalik setiap amanah menimbulkan tanggung jawab yang harus dipertanggung jawabkan tidak hanya kepada Tuhan namun juga kepada sesama yang telah memberikan kepercayaan kepada kita. Melepaskan diri dari tanggung jawab tentu tidak akan melatih mentalitas kita untuk menjadi pria yang mampu mengemban amanah. Lebih jauh lagi berarti kita belum siap untuk menjaga ‘anak orang’ untuk hidup bersama.

Berlibur ke Bad Saarow bersama seluruh keluarga besar KBRI Berlin memberikan pengalaman yang berarti bagiku. Sedari awal aku sudah dipesan untuk menjadi penjaga bagi anak-anak satu geng yang masih dalam taraf pendewasaan diri. Jadi sudah barang tentu aku sudah sedikit membayangkan apa kira-kira yang bakal menjadi tatanganku ketika berada di Lokasi.

Dior, Ega, Ilham dan Ivan, 4 orang yang dalam daftar penginapan akan satu atap bersamaku. Sebenarnya tidak ada yang sulit untuk menjaga mereka berempat. Apalagi dengan adanya si Ilham yang sedari kecil sudah didik oleh orang tuanya dengan pendidikan militer, tentu saja aku cukup memberikan sedikit arahan sehingga komando langsung diambil alih olehnya.

Berenang di Danau depan bungalow merupakan kegiatan pertama yang dilakukan anak-anak itu begitu sampai di lokasi. Namun di awal diriku hanya mengawasi dari atas bersama sang ‘diver’ herr Jayadi yang juga mendapatkan tugas yang sama denganku untuk mengawasi permainan anak-anak seluruhnya. Mungkin tugas dan tanggung jawab dia lebih besar dari apa yang aku emban dalam urusan keselamatan anak-anak seluruhnya.

Seusia mereka adalah usia-usia pubertas tingkat tinggi. Usia untuk memulai menunjukkan jati dirinya kepada lawan jenisnya. Dan itu yang sedang mereka alami saat ini. Karena hal ini pulalah yang sedikit membuatku harus menyadari kondisi kejiwaan mereka. Tidur larut mengawasi mereka yang masih ramai-ramai berjalan-jalan bersama-sama dengan beberapa teman perempuan meski hanya disekitar lokasi bungalow.

Syukurku, untung ada si Jaya yang juga mendapatkan tugas yang sama, sehingga dengan sepeda sewaan €7 perhari aku bisa sedikit leluasa keliling bungalow sembari mata tetep tertuju pada sekelompok anak muda belia yang sedang beranjak dewasa.

Berlin, 21.58 08.08.2010

 
Leave a comment

Posted by on 8 August 2010 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: