RSS

Bagian 3: Menikmati Pikiran Positif

09 Aug

Manusia diciptakan oleh Allah dengan memiliki akal yang menjadi pengontrol segala hal dalam kehidupannya. Disamping akal, manusia juga dibekali dengan hati yang berperan besar dalam membimbing jalan seseorang. Dengan hati yang bersih seseorang akan terbimbing untuk menapaki setiap langkah kehidupannya dengan sangat baik, namun sebaliknya, dengan hati yang kurang bersih tentu kehidupan akan kurang begitu bermakna baginya.

Penciptaan manusia termasuk yang paling sempurna diantara ciptaan-ciptaan Allah. Dibandingkan dengan hewan, tentulah manusia lebih sangat sempurna dengan bekal akal yang terintegrasi dalam dirinya. Dengan akal inilah manusia akan mencapai tingkat kejayaannya dan dengan akal pula manusia akan terpuruk dalam jurang kehancurannya. Tingkat kesempurnaan manusia bahkan dapat melebihi Malaikat yang hanya diciptakan dengan ketaatan kepada Allah. Berbeda dengan manusia yang diciptakan dengan akal yang dengannya manusia dapat diangakat oleh Allah derajatnya melebihi Malaikat. Manusia boleh memenangkan akal pikirannya hari ini, tetapi sekali ia lengah, bisa jadi ia akan khilaf dan terjerumus keesokan harinya.

Maka, sudah sepantasnyalah kita mulai membersihkan hati dan pikiran dari berbagai hal negatif, sehingga apa yang akan kita lakukan memberikan kebaikan bagi lingkungan sekitarnya. Hati dan pikiran yang positif akan memberikan energi yang dahsyat bagi perjalanan hidup seseorang. Memberinya kekuatan dan semangat hidup yang berkualitas.

‘Innamal a’malu binniyaati, wa innama likullimriin ma nawa’, bahwa segala sesuatu bergantung pada niatnya, dan dengan niatan yang baik tentu akan menentukan hasil akhir dari suatu perbuatan. Niat yang baik akan mempengaruhi kondisi psikis seseorang, sehingga energi dan kreativitas yang mungkin belum terpikirkan. Dengan slogan ‘khoirunnasi yanfa’u lighoirihi’ sesorang akan selalu berusaha untuk menetapkan niatannya dengan baik agar berpengaruh kepada lingkungan sekitarnya.

Hidup adalah cara pandang. Tentang bagaimana kita menyikapi terhadap segala peristiwa dan tantangan hidup. Dengan cara pandang, sesorang bisa melihat sebuah peristiwa dari berbagai sisi, baik itu positif ataupun negatif. Berbagai peristiwa di dunia ini, baik dalam pandangan positif maupun negetaif, mempunyai makna baik dalam jangka panjang maupun jangka pendek. Mungkin suatu peristiwa akan merugikan dalam jangka pendek, tapi siapa sangka dalam jangka panjang ternyata ia mendatangkan kebaikan yang tak terduga. Selalu bersikap positif terhadap Allah yang telah merencanakan segala sesuatunya untuk kita meski terkadang kita menganggap peristiwa itu terkadang menyakitkan di awalnya.

Dengan cara pandang positif, tentun kita akan memahami bahwasanya manusia diciptakan di dunia ini dalam perbedaan. Semua orang di dunia ini mempunya kelebihan dan kekurangan. Tidak ada manusia sempurna di dunia ini. Dalam mahfudhot disebutkan ‘la takhtaqir man duunaka walikulli syai’in maziyyah’, janganlah kita menghina seseorang yang ada di bawah kita, karena segala sesuatu mempunyai kelebihan masing-masing.

Indahnya hidup akan dapat kita nikmati dengan melepaskan diri dari segala hal yang bersifat negatif dari diri kita. Berpikiran positif mungkin salah satu alternatif untuk memecahkan segala tantangan hidup yang kita alami. Dengan berpikiran positif sudah barang tentu segalanya terasa begitu mudah untuk dijalani tanpa adanya beban. Dengan berpikiran positif akan membuat kita mampu mengurai satu persatu tantangan hidup ini sehingga dapat diselesaikan dengan baik.

 
2 Comments

Posted by on 9 August 2010 in Uncategorized

 

Tags: , , , , , ,

2 responses to “Bagian 3: Menikmati Pikiran Positif

  1. Red

    9 August 2010 at 11:42

    Think good, feel good, do good!

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: