RSS

Sebuah Dinasti Dalam Negara Demokrasi

01 Feb

Politik? Apa sebenarnya itu politik?

Secara pribadi aku pun tak paham apa itu politik. Tapi dari kacamata sederhanaku politik menurutku ya sebuah proses untuk mendapatkan kekuasaan dan mengorganisir individu. Tapi tentu banyak yang menafsirkan lain halnya dengan tafsiran diriku, no problemo.

Awal tahun 2011 menjadi awal yang mengerikan bagi beberapa penguasa di kawasan Afrika Utara dan Timur Tengah. Pasalnya sejak kejatuhan Presiden Tunisia Zine El Abidine Ben Ali karena people power berefek domino ke beberapa negara tetangganya, Yaman dam Mesir.

Mesir mungkin punya sejarah kedekatan dengan Indonesia karena jalinan persahabatan Presiden pertama RI Soekarno dan Presiden Mesir pada waktu itu, Gamal Abd Nasr. Kedua pemimpin itu mempunyai wibawa yang tinggi dan juga mempunyai pengaruh terhadap kebijakan Internasional.Keduanya mempunyai kekuatan yang amat besar,Sukarno mempunyai bangsa Indonesia yang besar dan hasil alam yang melimpah ruah,kalau berbicara tentang pengaruh, Sukarno mempunyai wibawa tinggi dikawasan regional ( ASEAN pada saat ini ).

Jaman sudah berubah. Era sudah berganti. Waktu berjalan sedemikian cepatnya meninggalkan tulang belulang yang sudah lama terkubur dalam tanah.

Perubahan peta Politik Indonesia pada zaman Soekarno yang sedikit berhaluan kiri, maka kecenderungan Presiden pertama tersebut lebih kepada kekuatan besar di Eropa Timur. Namun begitu Soekarno diturunkan dan kemudian digantikan oleh Soeharto, maka berubah pulalah Rencana Pembangunan Lima Tahun (REPELITA).

Dengan dominasi Soeharto yang kuat, maka selama 32 tahun Soeharto telah menumpuk pundi-pundi hartanya entah secara langsung atau dengan melibatkan sanak saudaranya. Tengoklah daftar orang terkaya di negeri ini, bisa dihitung sebagian dari mereka adalah orang yang dulunya pernah berada dalam lingkup kehidupan Cendana. Tak pelak lagi kekuatannya begitu menggurita.

Soeharto dan keluarganya masihlah sangat beruntung dibandingkan dengan keluarga Presiden Tunisia terguling, Ben Ali, yang seluruh kekayaannya diminta untuk dibekukan baik di dalam maupun di luar negeri. Sampai sekarang pun pengaruh putra bungsu mantan pemimpin orde baru tersebut masihlah memiliki kekuatan yang cukup luar biasa meski sudah banyak yang mulai meninggalkannya.

Power tends to corrupt, and absolute power corrupts absolutely.

Saat ini, era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono atau lebih familiar dengan sebutan SBY kondisi perpolitikan bangsa ini agak sedikit mengalami guncangan karena beberapa pihak melihat SBY sudah mengarahkan langkahnya untuk membangun sebuah dinasti di NKRI.

Andaikata UUD 1945 tidak membatasi masa jabatan Presiden hingga 2 periode saja sangatlah mungkin mungkin SBY akan maju lagi untuk menyalonkan dirinya menjadi calon presiden untuk periode selanjutnya. Dengan politik pencitraannya SBY dan tim penggembiranya tentu mampu mengubah citranya hanya untuk kalangan bawah, tidak untuk kalangan menengah ke atas yang melek akan informasi.

Sungguh salah urus bangsa ini sudah sangat jauh terjerumus ke dalam lembah kehancuran. Meski tertatih-tatih, namun sudah saatnya kita bangkit untuk menambal segala kebocoran dan menghindarkan bangsa ini dari kehancuran dan kegagalan.

 
Leave a comment

Posted by on 1 February 2011 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: