RSS

Pergamon Museum, The Great Islamic Museum in Berlin

11 Oct

Bagi para penyuka sejarah kebudayaan Islam tentu nama Museum Pergamon sudah tidak asing lagi ditelinga mereka, namun barangkali akan berbeda dengan tidak begitu mengikuti perkembangan sejarah islam. Meski sudah hampir 3 (tiga) tahun tinggal di Berlin, namun kesempatan untuk bisa mengunjungi Museum ini hanya diangan-angan.

Akhirnya semalam bersama dengan rombongan Tim Interfaith Dialogue dari Indonesia yang dipimpin oleh Sekjen Kementerian Agama akhirnya saya bisa sedikit melongok isi Pergamon Museum, meski hanya tur sesaat dengan seorang ibu guide tour. sebenarnya maksud hati ingin mengabadikan beberapa foto foto meski dengan kamera blackberry, namun rada sedikit ragu dan takut apakah memang boleh mengambil foto di dalam museum itu.

Begitu memasuki museum kita disuguhkan dengan altar yang begitu megah, sampai-sampai saya harus bertanya kepada guide tournya, apakah semua ini benar-benar asli dipindahkan dari lokasinya? dan jawabannya Iya. Proses pengumpulan artefak-artefak tersebut memakan waktu yang cukup lama, dan bahkansaat ini banyak sekali ketidaksetujuan dari negara-negara pemilik benda-benda bersejarah itu berasal akan keberadaan benda-benda tersebut di negara Jerman.

Memang sepertinya Jerman sendiri adalah negara museum dengan berbagai macam koleksinya, bahkan salah satu museum di Köln yang pernah saya kunjungi, Rautenstrauch-Joest-Museum, memiliki koleksi yang banyak berasal dari Indonesia, yang mungkin di Indonesia sendiri kita jarang atau hampir tidak pernah melihatnya.

Tapi menurut saya, dimanapun benda-benda penuh sejarah itu berada, meski tidak di negara asalnya, jika dijaga dan dikelola dengan baik tentu lebih baik dari pada disimpan di negara asal namun tidak mendapatkan posisi yang layak seperti museum-museum di Indonesia yang sepi pengunjung atau bahkan museum tersebut akan hancur seperti Museum National Irak karena Perang Irak di awal abad 21.

“Sejarah adalah pelajaran yang tak akan pernah terbeli”

Gerbang Babylonia

Gerbang Babylonia

 
Leave a comment

Posted by on 11 October 2011 in Uncategorized

 

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: