RSS

Sistem Transportasi Kota Berlin

06 Dec

Ane hanya ingin bwerbagi informasi saja kepada para backpacker ataupun traveler yang suatu saat akan berkunjung ke Berlin. Di sini ane pengen share mengenai sistem transportasi di kota Berlin khususnya karena ane sudah tinggal di sini 3 tahun dan mungkin awal tahun 2012 akan segera balik kampung.

Jadi pengelola sistem transportasi di Berlin adalah sebuah instansi bernama Berliner Verkehrsbetriebe (BVG). Pengelolaannya meliputi moda transportasi S-Bahn (kereta), U-Bahn (Subway), Trem dan Bus. Kesemua moda transportasi ini terkoneksi satu sama lain. Hanya dengan membeli satu tiket saja bisa digunakan untuk menaiki semua moda transportasi tersebut.

Harga tiket yang disediakan bervariasi, dari tiket tahunan, bulanan hinggan jam-jam-an. Semisal agan hanya berwisata maka biasanya menggunakan tiket harian untuk zona Berlin A dan Zona Berlin B (AB) seharga €6.30 yang bisa digunakan seharian penuh hingga pukul 3 dini hari keesokan harinya.

Untuk yang bepergian rombongan semisal 3-5 orang, maka baiknya bisa membeli tiket harian untuk rombongan hanya €15.60 untuk maksimal 5 orang satu groupnya.

Sebelum berangkat menuju Berlin, baiknya anda sudah tahu peta tentang Berlin dan lokasi mana saja yang akan dituju, karena hal ini akan lebih memudahkan agan untuk mengatur jadwal perjalanan. Namun bagi yang suka ndadakan it’s ok.

Peta S Bahn dan U Bahn

Mesin Tiket

Setelah agan membeli tiket di mesin ini, maka agan harus menjepretkan tiket tersebut di mesin khusus yang biasanya ada di samping mesin tiket ini. Jika ada pemeriksaan dan ternyata ticket agan belum di jepretin maka agan bisa kena denda kisaran €40 perorangnya. Jadi berhati-hatilah jika kantong kita tak ingin terkuras gara-gara hal sepele.

Mesin Penjepret Tiket

S Bahn

U Bahn

BUs BVG

Trem

Alles klar gan, selamat berbackpacker ria deh ya….

 
Leave a comment

Posted by on 6 December 2011 in Uncategorized

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: